Praktek Bela Negara Mahasiswa PPKn 2020 Bersama Kodim 0825 Banyuwangi

Kegiatan Praktek Bela Negara dilaksanakan oleh mahasiswa Program Studi PPKn FKIP Universitas PGRI Banyuwangi angkatan 2020B bersama dengan Kodim 0825 Banyuwangi

Mahasiswa PPKn 2020B

Setiap warga negara mempunyai kewajiban yang sama dalam hal bela negara. Hal tersebut sebagai wujud kecintaan terhadap tanah airnya. Bela negara merupakan konsep yang disusun perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang, suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi Negara

Mahasiswa PPKn 2020B

Wujud bela negara secara fisik, dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam keberadaan negara tersebut. Sedangkan wujud bela negara  non-fisik dapat diartikan sebagai upaya berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan bangsa.

Tujuan Bela Negara antara lain: 1) Untuk mempertahankan kelangsungan hidup bangsa dan negara, 2) melestarikan budaya, 3) menjalankan nilai-nilai pancasila dan UUD 1945, 4) berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara, 5) menjaga identitas dan integritas bangsa/negara.

Fungsi bela negara antara lain: 1) Mempertahankan negara dari berbagai ancaman, 2) Menjaga keutuhan wilayah Negara, 3) Merupakan kewajiban setiap warga Negara, 4) Merupakan panggilan sejarah.

Berikut ini beberapa manfaat yang didapatkan dari bela negara: 1) Membentuk sikap disiplin waktu, aktivitas, dan pengaturan kegiatan lain, 2) Membentuk jiwa kebersamaan dan solidaritas antarsesama rekan seperjuangan, 3) Membentuk mental dan fisik yang tangguh, 4) Menanamkan rasa kecintaan pada bangsa dan patriotisme sesuai dengan kemampuan diri, 5) Melatih jiwa leadership dalam memimpin diri sendiri maupun kelompok, Membentuk iman dan takwa pada agama yang dianut oleh individu, 6) Berbakti pada orang tua, bangsa, agama.7) Melatih kecepatan, ketangkasan, ketepatan individu dalam melaksanakan kegiatan. 8) Menghilangkan sikap negatif seperti malas, apatis, boros, egois, tidak disiplin.9)Membentuk perilaku jujur, tegas, adil, tepat, dan kepedulian antarsesama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *