Logo & Tema Peringatan HUT Ke-76 RI

  1. Filosofi logo Dilansir dari situs resmi Kementerian Sekretariat Negara (Setneg), disebutkan bahwa logo Kemerdekaan ke-76 RI ini merupakan visualisasi tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Tema ini mendeskripskan nilai-nilai ketangguhan, semangat pantang menyerah untuk terus maju bersama dalam memenmpuh jalan penuh tantangan, agar dapat mencapai masa depan yang lebih baik. Deskripsi itu digambarkan dalam komposisi dinamis antar bentuk geometris yang sederhana, namun kokoh, dan dalam perpaduannya bergeliat dengan energi yang lincah.
  2. Makna logo Selain filosofi, disebutkan juga makna tiap bentuk yang terdapat pada logo. Stabilitas dan pembangunan Bentuk angka “7” diasosiasikan sebagai bagian dari “tiang pancang” infrastruktur yang sedang dicanangkan oleh pemerintah untuk mendukung percepatan perekonomian Indonesia. Bentuk ini melambangkan “kepala Garuda” yang melambangkan Pancasila yang menjadi landasan berbangsa dan bernegara. Gerak dan pertumbuhan Bentuk “6” diasosiasikan sebagai “orang dan roda yang sedang bergerak” terus maju ke depan yang melambangkan pertumbuhan dan percepatan ekonomi. Ruang kebersamaan Bentuk ini diasosiasikan sebagai “ruang” yang melambangkan negara memberikan ruang demokrasi kepada rakyat untuk turut berkontribusi dalam pembangunan Indonesia. Selain itu, dapat diasosiasikan bentuk “panah” yang melambangkan pertumbuhan yang berkesinambungan. Persatuan dan harapan Bentuk “lingkaran” merupakan bentuk sempurna yang mencerminkan harapan akan keberhasilan dari semua hal yang ingin dicapai. Adapun bentuk ini juga dapat diasosiasikan “persatuan” Indonesia.
  3. Tipografi Dalam tulisan tema “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”, menggunakan font Lexend, di mana kita dapat bebas mengunduh dari Google Fonts. Lexend adalah tipe huruf utama yang akan digunakan untuk semua aplikasi desain dan branding dari 76 tahun Kemerdekaan Indonesia. Untuk tulisan “Indonesia Tangguh”, menggunakan varian font Lexend medium. Sedangkan tulisan “Indonesia Tumbuh”, menggunakan varian font Lexend bold

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *